Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Teknik Studi Kasus untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan teknik studi kasus dapat meningkatkan berpikir krtis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2021.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan Pre test-post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA . Sampel sebanyak 30 orang yang berasal dari kelas XI IPA 3. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket berpikir kritis siswa berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliable kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung 153 dengan α = 0,05, adapun J tabel = 137. Dari data tersebut terlihat bahwa J_(hitung )>J_tabel dimana 153 > 137. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test berpikir kritis siswa diperoleh skor rata-rata 63 sedangkan data post-test berpikir kritis siswa diperoleh skor 98. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik studi kasus lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan penguasaan konten teknik studi kasus. Layanan penguasaan konten teknik studi kasus memberikan kontribusi sebesar 55 % terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelass XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi