PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuanuntukmengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigationterhadaphasil belajar siswapada materi pokokGerak Lurusdi kelas XSemester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest – Postest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random samplingyang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan pembelajaranKooperatif tipe Group Investigationdan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk uraianyang berjumlah 7 soalyang terlebih dahulu divalidkan oleh para ahli validator. Pretes dilakukan sebelum pembelajaran dilaksanakan. Analisa data untuk kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hasil pretes berdistribusi normal dan homogen dengan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,7dan kelas kontrol 32,9. Dan diperoleh hasil postes dengan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,09dan kelas kontrol 61,19. Hasil uji t menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation di SMA Negeri 14 MedanT.P 2019/2020.