PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHADAP MOTIVASI TUTOR PAKET C DALAM PROSES MENGAJAR DI SKB KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ada di SKB kabupaten Serdang Bedagai, dimana banyak tutor yang berasal dari sarjana nonkependidikan, kesulitannya yaitu kurangnya pengetahuan mereka dalam proses belajar mengajar, serta ketidaktahuan mereka tentang rencana perangkat pembelajaran (RPP). Kurangnya motivasi mereka dalam proses belajar mengajar, tutor kurang mampu mengelola kelas, tutor kurang mampu menggunakan sarana dan prasarana yang terdapat di SKB kabupaten Serdang Bedagai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media cetak untutk tutor paket C yang bergelar sarjana nonkependidikan, untuk mengetahui motivasi tutor, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media cetak dalam meningkatkan motivasi mengajar tutor di SKB Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian yang digunakan adalah Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh, dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan analisis data dengan menggunakan uji regresi linear dan uji hipotesis (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh penggunaan media cetak terhadap motivasi mengajar tutor diperoleh hasil perhitungan persamaan regresinya adalah Y= 38,101 + 0,271 X. Sedangkan koefisien korelasi X dan Y yaitu rhitung > rtabel yaitu 0,557> 0,344, dan uji hipotesisnya yaitu thitung>ttabel yaitu 3,731> 1,695, maka hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh antara penggunaan media cetak dengan motivasi mengajar tutor paket C.