Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 35 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa mampu mencapai nilai > 75 %. Pada post test siklus I, hasil belajar yang diperoleh yaitu I terdapat 3 Orang siswa dalam kategori sangat kompeten dengan persentase 8,57%, 11 Orang siswa dalam kategori kompeten dengan persentase 31,43%, 11 Orang siswa dalam kategori cukup kompeten dengan persentase 31,43%, dan 10 Orang siswa dalam kategori tidak kompeten dengan persentase 28,57%. Sementara pada post test siklus II, hasil belajar yang diperoleh yaitu Terdapat 5 siswa dengan kategori cukup kompeten dengan persentasi 14,28%, dan 21 siswa dengan kategori kompeten dengan persentasi 60%, dan 9 siswa dengan kategori sangat kompeten dengan persentasi 25,75% dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Tidak Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,37 dengan persentase kelulusan 71,43 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,62 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.