PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU BK DAN IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru BK dan memberikan rekomendasi dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru BK dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan? Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kuantitatif. Jenis penulisan ini adalah deskriptif analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang kelas VII, 90 orang kelas VIII, dan 88 orang kelas IX di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru BK berada pada kategori sedang (38%), yang artinya guru BK cukup mampu memenuhi kompetensi kepribadian guru BK sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi dalam kompetensi kepribadian yang dimiliki guru BK sehingga tidak ada lagi siswa yang berpersepsi bahwa guru Bimbingan dan konseling merupakan seorang guru yang ditakuti oleh siswa karena mereka berpikir bahwa setiap orang yang bermasalah akan dihadapkan dengan guru BK.