Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam Membina karakter siswa di SMK Negeri 11 Medan Tahun Pembelajraan 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 133 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25% dari jumlah populasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Guru PPKn dan siswa kelas X yang ada di SMK Negeri 11 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data dengan metode kuantitatif statistik sederhana. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 11 Medan mengenai peran Guru PPKn dalam membina karakter siswa kela X maka dapat kesimpulan guru PPKn berperan baik dalam membina karakter siswa kelas X di SMK Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang juga dilihat dari persentase yang tergolong baik yaitu religius (87,12%), toleransi (83,3%), kerja keras (77,03%), mandiri (75,76%), demokratis (78,03%), rasa ingin tahu (76,52%) dan persentase yang tergolong cukup baik kejujuran (65,53%), disiplin (61,36), kreatif (71,59%). Dalam hal ini juga dapat disimpulkan bahwa kesembilan karakter ini terdapat karakter yang rendah, meskipun masih terdapat siswa yang masih kurang kejujuran dan disiplin tetapi guru selalu mengarahkan dan membimbing siswa agar dapat menumbuhkan jiwa karakter yang lebih baik lagi