Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, yang berlokasi di jalan Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner/angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 253 siswa. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa yaitu 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Koasi Eksperimen Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model Contextual Teaching Learning dalam membentuk karakter toleransi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Model Contextual Teaching Learning mempengaruhi karakter toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan sebesar 39,94%. Nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel (rhitung>rtabel) atau 0.6324 > 0,3202 dimana rtabel pada n=38 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,3202. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=4,9246 dengan harga ttabel=2.0301 karena thitung lebih besar dari pada ttabel (4,9246>2.0301) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk)= n-2=(38-2=36) sehingga, hipotesis alternatife yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan pada model Contextual Teaching Learning dalam membentuk karakter toleransi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan dapat diterima