Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa kelas V akan konsep matematika khususnya pada konsep pecahan, kesalahankesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam mengaplikasikan konsep pecahan pada soal atau masalah yang ditemukan oleh siswa serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahankesalahan tersebut di Kelas V SDN 101786 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V di SDN 101786 Helvetia dan objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam mengaplikasikan konsep pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbentuk tes soal cerita materi Pecahan dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas V di SDN 101786 Helvetia banyak melakukan kesalahan kriteria kesimpulan hilang (oc), kesalahan selain ketujuh kriteria (ao) dan kesalahan kriteria manipulasi tidak langsung (um). Kesalahan yang dilakukan oleh siswa disebabkan oleh faktor ketidak pahaman siswa akan konsep pecahan yang sebelumnya telah dipelajari dan juga disebabkan oleh faktor kurangnya penanaman konsep yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran di kelas.