Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan pembelajaran online Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Medan Estate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran online Matematika dan untuk mengetahui factor apa saja dalam pelaksanaan pembelajaran online Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Medan Estate Kec.Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini meliputi siswa kelas V SD yang berjumlah 51 orang siswa di Desa Medan Estate tepatnya pada 3 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Angket (Kuesioner). Intrumen peneleitian yang digunakan yaitu skala Guttman, dan pedoman angket (kuesioner). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan pembelajaran online Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Medan Estate yaitu perolehan skor melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden, di peroleh jumlah skor total dari skor perolehan keseluruhan sebesar 1155 dengan nilai rata-rata skor sebesar 1,47. Kesulitan pembelajaran online Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Desa Medan Estate disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: kesiapan siswa yang masih kurang, minat dan semangat siswa dalam belajar dikarenakan faktor lingkungan, dan fasilitas yang dibutuhkan siswa tidak terpenuhi. Dengan demikian disimpulkan bahwa kesulitan pembelajaran online Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Desa Medan Estate yang dikategorikan ke dalam kategori cukup.