Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana gaya mengajar guru kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gaya mengajar guru kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 3) untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir sebanyak 69 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar guru di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021 berada dalam kategori sedang dimana rata-rata nilainya yaitu 103,17 sedangkan motivasi belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata nilainya 95,69. Gaya mengajar guru sangat memengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika. Terlihat dari hasil perhitungan rhitung adalah 0,539 sedangkan rtabel = 0,236 maka rhitung > rtabel. Sedangkan nilai dari thitung = 5,23. Nilai ttabel = 1,99. Dengan membandingkan kedua harga tersebut diperoleh thitung > ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antara Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021 dapat diterima.