PENGARUH PENGUASAAN MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK), MICROTEACHING DAN PROGRAM MAGANG TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI TENAGA PENDIDIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK), Microteaching dan Program Magang Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Tenaga Pendidik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 113 orang mahasiswa stambuk 2017, sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang mahasiswa dimana sampel di ambil dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai mata kuliah MKDK, Microteaching, Magang dan angket yang di sebarkan secara online melalui google form. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas, sedangkan untuk mengananlisis data digunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Serta uji regresi linear berganda yang dilakukan melalui uji signifikansi simultan (Uji F) dan Uji Signifikansi Parameter Individual (Uji t). Hasil dari peneltian ini menunjukan bahwasanya variabel mata kuliah dasar kependidikan, microteaching dan magang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mahasiswa siap untuk menjadi tenaga pendidik pada mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2017.