PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unimed angkatan 2018 yang berjumlah 101 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 mahasiswa yang diambil menggunakan tekhnik proportional random sampling. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, serta persamaan regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t, uji-F, serta R-Square (Koefisien Determinasi). Hasil analisis uji-t untuk variabel pemanfaatan teknologi informasi diperoleh nilai thitung > ttabel (5,682 > 1,670), hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar. Untuk variabel perpustakaan diperoleh nilai thitung > ttabel (4,226 > 1,670), dengan demikian maka hipotesis kedua ini diterima yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel perpustakan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel (13,257 > 2,76), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unimed. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh persentase variabel independen terhadap variabel dependent yaitu pemanfaatan teknologi informasi, dan perpustakaan terhadap prestasi belajar sebesar 71,90% sedangkan 28,10% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.