Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan bisnis untuk menjadi guru. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Pasar V.Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 89 Mahasiswa. Sampel sebanyak 89 dengan teknik proportional total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil anget kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis nilai signifikansi antara Program Magang Kependidikan (X1) terhadap Kesiapan Menjadi Guru Professional di era industri 4.0 (Y) dari nilai thitung > ttabel (5,981>1,987) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 0,05 (0,000<0,05) Dan untuk nilai signifikansi antara Minat Menjadi Guru (X2) terhadap Kesiapan Menjadi Guru Porfessional di era industri 4.0 (Y) dengan nilai nilai thitung > ttabel (2,867 >1,987) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 0,05 (0,000<0,05). Secara simultan (uji F) ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel (21,473>2,71) dan nilai sig sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Program Magang Kependidikan dan Minat menjadi Guru memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Kesiapan menjadi Guru Professional di Era Industri 4.0 pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.