Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bagunan Dan Teknik Pengukuran Tanah siswa kelas X program keahlian Bisnis Konstruksi Properti. Penelitian menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Siklus ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Konstruksi Properti sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan lembar observasi, dan tes soal pilihan berganda. Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar sikap siswa dengan nilai rata-rata 72,33 dan persentase kelulusan yaitu 60% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 93,50 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75 dengan persentase kelulusan 70% meningkat pada siklis II dengan nilai rata-rata 88,40 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan 21,17% dan13,40%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah dikelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan