Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PPKn dalam meningkatkan moralitas sebagai alternatif pencegahan kenakalan siswa kelas XI Sma Negeri 1 Bangun Purba, yang berlokasi di jalan perintis kemerdekaan, kecamatan bangun purba, kabupaten deli serdang provinsi sumatera utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Penelitian ini terdiri dari dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket (kuesioner) dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 178 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa yaitu 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan Uji Korelasi, Uji Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Peran pembelajaran PPKn dalam meningkatkan moralitas sebagai alternatif pencegahan kenakalan siswa, yaitu berpengaruh sangat baik. Dari hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment rhitung adalah 0,6917 sedangkan rtabel pada n-2= 27-2 = 25 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,3809 dengan demikian harga rhitung > rtabel yaitu 0,6917 > 0,3809 sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan dan tergolong kuat. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel maka thitung = 4,76 > 2,0595pada taraf signifikan 5% sehingga, hipotesis alternatif menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Peran Pembelajaran PPKn dalam Meningkatkan Moralitas sebagai alternatif pencegahan kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2020/2021 dapat diterima