PERAN IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TANGKAHAN DURIAN KABUPATEN LANGKAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peran ibu dalam mendampingi anak belajar online pada masa pandemi covid-19 di Kelurahan Tangkahan Durian Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Tangkahan Durian Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan lima informan. Hasil penelitian ini berdasarkan temuan yang dideskripsikan bahwa ibu berperan dalam mendampingi anak belajar online dimasa pandemi covid-19 ini. Ibu memiliki peran yang paling utama terhadap keberlangsungan proses pembelajaran anak, membantu anak memahami materi yang diberikan oleh guru dan mendampingi anak dalam mengerjakan latihanlatihan soal yang sudah diberikan. Peran ibu menjadi sangat ekstra dimana ibu harus bisa membagi waktunya dengan keluaraga, anak dan pekerjaan yang dilakukan diluar rumah. Dari kelima informan tersebut relatif ibu berperan aktif dalam mendampingi anak belajar online. Penulis menemukan bahwa satu informan memerlukan bantuan dari guru les untuk mendampingi proses pembelajaran anak karena ia tidak dapat meninggalkan pekerjaannya dan hanya mendampingi anaknya belajar pada malam hari saja. Strategi yang dilakukan dari kelima informan tersebut relatif sama yaitu dengan menjanjikan sebuah hadiah atau uang jajan tambahan jika anak menyelesaikan tugas sekolah dan satu informan memiliki strategi pembelajaran yang berbeda yaitu dengan membuat media pembelajaran yang menarik seperti media poster atau gambar. Sehingga anak dapat cepat memahami dan mengingat materi pembelajaran tersebut.