ctrlnum 44393
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/44393/</relation><title>Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa</title><creator>Nainggolan, Bajoka</creator><subject>LB2300 Higher Education</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Pembelajaran inovatif berbasis proyek menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendorong mahasiswa belajar aktif yang dapat memfasilitasi mahasiswa belajar secara efektif, efisien dan berpusat kepada diri sendiri, sebagai strategi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang kimia organik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran MPjBL-KKNI yang valid, praktis, dan efektif, Tahapan penelitian terdiri atas: (1) Analisis kebutuhan sesuai kurikulum berbasis KKNI, (2) Pengembangan model beserta perangkatnya, (3) validasi standarisasi.oleh ahli (4) uji coba perorangan, dilanjutkan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar/lapangan. (5) uji efektivitas, dan uji keterlaksanaan model.. Studi ini tergolong Penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE (analisys, design, development, implementasion, and evaluate) untuk mata kuliah Kimia Organik Fisik. Penelitian dilakukan di Jurusan Kimia Tahun Akademik 2018/2020. Sampel penelitian. Kurikulum berbasis KKNI, perangkat model, Buku Model, Buku guru, Buku siswa, validator ahli materi, ahli media, ahli pengembangan, dan ahli bahasa. Data penelitian diperoleh menggunakan beberapa paket instrument yang sudah valid untuk menguji kelayakan model, mengukur tingkat kepuasan mahasiswa, dan observasi kinerja. Kompetensi mahasiswa ditetapkan atas ketuntasan belajar berdasarkan evaluasi (pretest dan postest). Implementasi pembelajaran dilakukan menggunakan model MPjBL-KKNI pada kelompok eksperimen dan pembelajaran direct instruction pada kelas kontrol. Data diolah dan dianalisis menggunakan ANAVA secara regresi linear multivarian.. Temuan penelitian (1) model MPjBL-KKNI yang telah divalidasi ahli materi, ahli media, ahli R&amp;D dan ahli bahasa, menunjukkan produk layak untuk digunakan, (2) Hasil pengujian efektivitas menunjukkan penggunaan produk pembelajaran memberikan efek nyata terhadap hasil belajar. Keefektifan pada uji coba kelompok kecil menunjukkan model MPjBL-KKNI berdampak terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar (M=51,90%) tergolong kategori sedang dan efektif, pada uji coba kelompok besar sebesar (M=59,62%) .tergolong kategori sedang dan efektif, dan pada uji coba lapangan (classical) untuk kelompok eksperimen model MPjBL-KKNI berdampak nyata terhadap hasil belajar mahasiswa (M=70,41%) tergolong katerogi tinggi dan efektif, lebih tinggi dari kelompok control dengan model pembelajaran Direct Instruction (M=58,65%) tergolong kategori sedang. Hasil penilaian responden menunjukkan bahwa model MPjBL-KKNI tergolong sangat layak (M= 3,32). Persentase indek persepsi kepuasan mahasiswa tergolong sangat baik (M= 86,22%). Mahasiswa memiliki indeks kinerja sangat baik (M= 85,71%). Hasil belajar menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa pada bidang Kimia Organik Fisik sangat kompeten (M=92,4%). Pencapaian mahasiswa tergolong baik untuk ranah kognitif (90,8%), untuk ranah psikomotorik (97,6%). Sikap mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh secara simultan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran MPjBL-KKNI inovasi sangat efektif dipergunakan untuk membantu mahasiswa belajar aktif meningkatkan hasil belajarnya dan sekaligus untuk mencapai kompetensinya dalam bidang Kimia Organik Fisik. Produk hasil penelitian ini telah diterbitkan pada: (1) Jurnal Internasional bereputasi (Scopus Q2) dengan Judul: Developing Innovative Chemistry Laboratory Workbook Integrated with Project-Based Learning and Character-Based Chemistry (International Journal of Instruction, v13 n3 p895-908 Jul 2020), dan proceeding Internasional bereputasi dengan Judul: Development of Chemical Practicum Private Vocational School of Senior High School XII Class Based on Projects and Characters, Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019)</description><date>2021-10-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/1/1.%20%20%20NIM.%208156145002%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/2/2.%20%20%20NIM.%208156145002%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/3/3.%20%20%20NIM.%208156145002%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/4/4.%20%20%20NIM.%208156145002%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/5/5.%20%20%20NIM.%208156145002%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/6/6.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20TABLE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/7/7.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20PICTURE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/8/8.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/9/9.%20%20%20NIM.%208156145002%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/10/13.%20NIM.%208156145002%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44393/11/14.%20NIM.%208156145002%20REFERENCE.pdf</identifier><identifier> Nainggolan, Bajoka (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Doctoral thesis, UNIMED. </identifier><recordID>44393</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nainggolan, Bajoka
title Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa
publishDate 2021
isbn 208156145002
topic LB2300 Higher Education
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/44393/1/1.%20%20%20NIM.%208156145002%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/2/2.%20%20%20NIM.%208156145002%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/3/3.%20%20%20NIM.%208156145002%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/4/4.%20%20%20NIM.%208156145002%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/5/5.%20%20%20NIM.%208156145002%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/6/6.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/7/7.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20PICTURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/8/8.%20%20%20NIM.%208156145002%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/9/9.%20%20%20NIM.%208156145002%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/10/13.%20NIM.%208156145002%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/11/14.%20NIM.%208156145002%20REFERENCE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44393/
contents Pembelajaran inovatif berbasis proyek menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendorong mahasiswa belajar aktif yang dapat memfasilitasi mahasiswa belajar secara efektif, efisien dan berpusat kepada diri sendiri, sebagai strategi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang kimia organik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran MPjBL-KKNI yang valid, praktis, dan efektif, Tahapan penelitian terdiri atas: (1) Analisis kebutuhan sesuai kurikulum berbasis KKNI, (2) Pengembangan model beserta perangkatnya, (3) validasi standarisasi.oleh ahli (4) uji coba perorangan, dilanjutkan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar/lapangan. (5) uji efektivitas, dan uji keterlaksanaan model.. Studi ini tergolong Penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE (analisys, design, development, implementasion, and evaluate) untuk mata kuliah Kimia Organik Fisik. Penelitian dilakukan di Jurusan Kimia Tahun Akademik 2018/2020. Sampel penelitian. Kurikulum berbasis KKNI, perangkat model, Buku Model, Buku guru, Buku siswa, validator ahli materi, ahli media, ahli pengembangan, dan ahli bahasa. Data penelitian diperoleh menggunakan beberapa paket instrument yang sudah valid untuk menguji kelayakan model, mengukur tingkat kepuasan mahasiswa, dan observasi kinerja. Kompetensi mahasiswa ditetapkan atas ketuntasan belajar berdasarkan evaluasi (pretest dan postest). Implementasi pembelajaran dilakukan menggunakan model MPjBL-KKNI pada kelompok eksperimen dan pembelajaran direct instruction pada kelas kontrol. Data diolah dan dianalisis menggunakan ANAVA secara regresi linear multivarian.. Temuan penelitian (1) model MPjBL-KKNI yang telah divalidasi ahli materi, ahli media, ahli R&D dan ahli bahasa, menunjukkan produk layak untuk digunakan, (2) Hasil pengujian efektivitas menunjukkan penggunaan produk pembelajaran memberikan efek nyata terhadap hasil belajar. Keefektifan pada uji coba kelompok kecil menunjukkan model MPjBL-KKNI berdampak terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar (M=51,90%) tergolong kategori sedang dan efektif, pada uji coba kelompok besar sebesar (M=59,62%) .tergolong kategori sedang dan efektif, dan pada uji coba lapangan (classical) untuk kelompok eksperimen model MPjBL-KKNI berdampak nyata terhadap hasil belajar mahasiswa (M=70,41%) tergolong katerogi tinggi dan efektif, lebih tinggi dari kelompok control dengan model pembelajaran Direct Instruction (M=58,65%) tergolong kategori sedang. Hasil penilaian responden menunjukkan bahwa model MPjBL-KKNI tergolong sangat layak (M= 3,32). Persentase indek persepsi kepuasan mahasiswa tergolong sangat baik (M= 86,22%). Mahasiswa memiliki indeks kinerja sangat baik (M= 85,71%). Hasil belajar menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa pada bidang Kimia Organik Fisik sangat kompeten (M=92,4%). Pencapaian mahasiswa tergolong baik untuk ranah kognitif (90,8%), untuk ranah psikomotorik (97,6%). Sikap mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh secara simultan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran MPjBL-KKNI inovasi sangat efektif dipergunakan untuk membantu mahasiswa belajar aktif meningkatkan hasil belajarnya dan sekaligus untuk mencapai kompetensinya dalam bidang Kimia Organik Fisik. Produk hasil penelitian ini telah diterbitkan pada: (1) Jurnal Internasional bereputasi (Scopus Q2) dengan Judul: Developing Innovative Chemistry Laboratory Workbook Integrated with Project-Based Learning and Character-Based Chemistry (International Journal of Instruction, v13 n3 p895-908 Jul 2020), dan proceeding Internasional bereputasi dengan Judul: Development of Chemical Practicum Private Vocational School of Senior High School XII Class Based on Projects and Characters, Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019)
id IOS3150.44393
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:37Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:37Z
recordtype dc
_version_ 1766033611080859648
score 17.538404