Pengaruh Kepemimpinan Spiritual Kepala Madrasah, Pengalaman Kerja dan Motivasi Intrinsik Terhadap Komitmen Afektif Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kabupaten Aceh Tamiang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan spiritual kepala madrasah terhadap motivasi intrinsik guru; (2) pengaruh pengalaman kerja terhadap motivasi intrinsik guru; (3) pengaruh kepemimpinan spiritual kepala madarasah terhadap komitmen afektif guru; (4) pengaruh pengalaman kerja terhadap komitmen afektif guru; (5) pengaruh motivasi intrinsik terhadap komitmen afektif guru. Di sekolah guru diharapkan mempunyai komitmen afektif yang tinggi. Tingginya komitmen afektif guru dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kepemimpinan, pengalaman kerja dan motivasi intrinsik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah analisis jalur (path analisys). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 orang guru dengan sampel sebanyak 98 guru. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan model skala likert. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan spiritual kepala madrasah terhadap motivasi intrinsik sebesar 1,18%. (2) terdapat pengaruh langsung positif pengalaman kerja terhadap motivasi intrinsik guru sebesar 16,1%. (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan spiritual kepala madarasah terhadap komitmen afektif guru sebesar 26,8%. (4) terdapat pengaruh langsung positif pengalaman kerja terhadap komitmen afektif guru sebesar 14,5 %. (5) terdapat pengaruh langsung positif motivasi intrinsik terhadap komitmen afektif guru sebesar 8,8%.