Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Teknik Dasar Bola Basket SMP Kalam Kudus Medan
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah karena penggunaan media belajar yang kurang menarik maka penelitian ini mengembangkan media animasi pembelajaran Teknik dasar bola basket yang dikemas dalam app inventor. Tujuan penelitian ini adalah membuat produk media pembelajaran animasi untuk materi bola basket. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan desain dari Borg & Gall. Subjek penelitian dalam penelitian ini untuk kelompok kecil 20 orang, untuk kelompok besar 40 orang dan 20 orang untuk uji efektivitas. Ahli dalam penelitian ini terdapat 3 orang yaitu ahli media pembelajaran, ahli pembelajaran dan ahli dari guru PJOK. Dari hasil uji kelompok kecil bahwa jumlah skor kuesioner produk adalah 565, rata-rata 28,25 dan persentase keseluruhan pada uji coba kecil adalah 70,62% dengan kategori cukup valid (digunakan). Artinya dalam penelitian ini produk sudah bisa digunakan, namun penulis memilih melakukan uji coba kelompok besar untuk memvalidkan produk. Dari hasil uji kelompok besar bahwa jumlah skor kuesioner produk adalah 1369, rata-rata 34,22 dan persentase keseluruhan pada uji coba kecil adalah 85,56% dengan kategori sangat valid (digunakan). Artinya dalam penelitian ini produk sudah bisa digunakan, namun penulis memilih melakukan uji efektivitas untuk memvalidkan produk. Dari Hasil perhitungan data uji efektivitas diperoleh thitung = 5,11. Dari daftar ditribusi t dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk n-1 (30-1) = 1 diperoleh harga ttabel = 2,08. Sehingga diperoleh t hitung > t table, dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Belajar Teknik Dasar Bola Basket”.