Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di di SMA Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian di SMA Eria Medan telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2020. Tahapan penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan tujuan utama penelitian ini adalah pengembangan instrumen penelitian pada materi aktivitas senam ritmik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan sampel ahli pembelajaran/guru PJOK uji coba oleh satu guru dan siswa. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa pengembangan instrumen penilaian berbasis proyek pada materi aktivitas gerak senam ritmik peserta didik di SMA Swasta Eria berhasil dilaksanakan, pada tahapan ini dilakukan oleh tim penilaia yaitu validasi ahli, kepraktisan penggunaanpengembangan instrumen penilaian dinyatakan praktis pada kategori sangat baik dan baik dan peserta didik juga memberikan tanggapan berdasarkan angket, memperoleh nilai rata-rata 87,64% dengan kategori sangat praktis dan efektivitas instrumen penilaian berbasis proyek pada materi aktivitas gerak senam ritmik peserta didik SMA, hasil yang diperoleh dinyatakan efektif dengan hasil yang diperoleh (a) menyatakan bahwa rata-rata hasil lebih besar dari 80%; (b) Respon yang positif terhadap komponen buku penilaian sesuai dengan ketentuan bahwa minimal 80% dari subjek yang diteliit memberikan tanggapan dan kegiatan pembelajaran; dan (c) ketuntasan peserta didik mencapai 28 peserta didik (93,33%) artinya peserta didik mampu menuntaskan pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan instrumen penilaian materi senam ritmik layak digunakan pada proses pembelajaran.