Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa SD Binaguna Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa SD Binaguna Medan Tahun 2019. Sampel penelitian ini 60 siswa yang masing-masing terdiri dari kelas III SD Binaguna Medan dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2x2 dengan uji tukey pada taraf ∝=0,05. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pada kelompok A1 dan A2 dimana diperoleh Fh> Ft, yaitu 17,9> 4,15 sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif antara metode pembelajaran kelompok diundi dan metode pembelajaran individual Qh = 8,54 dan Qt = 3.83 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif antara metode pembelajaran kelompok diundi dan metode pembelajaran Individual. 2) diperoleh Fh>F1 yaitu 26,61 > 4,15. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan terhadap hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif. 3) Dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 18,95 dan Qt = 2.99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif dengan motorik tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran kelompok diundi lebih baik dari pada strategi metode pembelajaran individual. 4) Dimana Qh = 1,84 dan Qt = 2.99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif dengan motorik rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran individual diundi lebih baik dari pada metode pembelajaran kelompok..