Dampak Pembelajaran Tematik Terhadap Peningkatan Kreativitas, Pemecahan Masalah dan Keterampilan Gerak Dasar Dalam Pembelajaran PJOK Siswa Kelas II MIN 4 Langsa
Daftar Isi:
- Pembelajaran tematik dalam pembelajaran penjas yang selama ini berlangsung di MIN 4 Langsa khususnya untuk kelas II masih lebih banyak di dominasi oleh guru, sehingga pembelajaran PJOK yang berlangsung selama ini belum menjadikan siswa sebagai center dalam pembelajaran. Selain itu berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan sebelum penelitian terlihat bahwasanya kreativitas, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru masih sangat kurang. Hal ini terlihat banyaknya siswa yang merasa kesulitan ketika di suruh oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran tematik terhadap peningkatan kreativitas, pemecahan masalah dan keterampilan gerak dasar dalam pembebelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret sampai dengan 10 April 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling berjumlah 26 sampel dengan menggunakan desain penelitian one group pre test-post test design. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu, pada hipotesi pertama kedua dan ketiga setelah dilakukan pengujian dengan program SPSS, maka diperoleh hasil uji hipotesis bahwasanya nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 dengan asumsi nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwasanya untuk pengujian hipotesis pertama terdapat dampak pembelajaran tematik terhadap peningkatan kreativitas dalam pembelajaran PJOK siswa kelas II MIN 4 Langsa. Untuk hipotesis kedua terdapat dampak pembelajaran tematik terhadap peningkatan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas II MIN 4 Langsa. Hipotesis ketiga terdapat dampak pembelajaran tematik terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas II MIN 4 Langsa.