Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1).Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments dan tipe Think-Pair-Share. 2).Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah. 3).Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 4).Perbedaan peningkatan self confidence siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments dan tipe Think-Pair-Share. 5).Perbedaan self confidence siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah. 6). Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap self confidence siswa. Penelitian iini imerupakan ipenelitian ieksperimen semui(quasi eksperiment). iDan idalam ipenelitian iini, ipengelompokan ikelas ieksperimen 1 dan eksperimen i2. iSampel idalam ipenelitian iini iadalah i2 ikelas idari isiswa ikelas VII-A sebanyak i30 isiswa ipada ikelas ieksperimen i1 idenganimenggunakanimodel pembelajaran kooperatif itipe iTeams iGames iTournaments dan isiswa kelas VII-B sebanyak i30 siswa pada ikelas ieksperimen i2 idengan menggunakan imodel pembelajaran ikooperatif tipe Think-Pair-Share. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor tes kelas eksperimen 1 yaitu 85,42 dan kelas eksperimen 2 sebesar 79,58. Self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor angket Self Confidence kelas eksperimen 1 yaitu 84,58 dan kelas eksperimen 2 sebesar 79,67.