Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Karbon Dan Silikon
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran yang baik dapat terwujud apabila didukung oleh sumber belajar dan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis KKNI yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa serta untuk mengetahui hubungan motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadape-modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan PSKM B 2019, dengan menggunakan teknik analisis data berupa tes hasil belajar dan angket, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa E-modul inovatif berbasis KKNI hasil pengembangan telah valid (layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 3.61. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan e-modul inovatif berbasis KKNI telah mencapai kriteria N-gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,72 dan e-modul dapat memotivasi mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata motivasi sebesar 85.1%. Hubungan motivasi dan peningkatan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,516 dan nilai signifikansi sebesar 0,008 serta respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 85,3%.