Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing
Daftar Isi:
- Salah satu alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif, yaitu model pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelompok bertujuan untuk mendorong siswa menemukan beragam pendapat atau pemikiran yang dikeluarkan oleh tiap siswa dalam kelompok, bukan untuk menyatukan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Kolaboratif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Kolaboratif dan kecerdasan interpersonal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Kecerdasan Interpersonal. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kolaboratif terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing ; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Kolaboratif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing.