Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Sistem Luring dan Daring Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di SMP Negeri 5 Kisaran
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi proses dan hasil pembelajaran sistem luring dan daring pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di SMP Negeri 5 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah guru siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kisaran, guru SMP Negeri 5 Kisaran dan orang tua siswa SMP Negeri 5 Kisaran. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 3 orang guru IPA, 60 orang siswa kelas VII dan 60 orang tua siswa SMP Negeri 5 Kisaran. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan angket dan tes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran secara luring dan daring di SMP Negeri 5 Kisaran sudah terlaksana dengan baik; hasil pembelajaran IPA secara luring dan daring di SMP Negeri 5 Kisaran sudah cukup baik; guru IPA, orang tua dan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kisaran berpendapat bahwa proses pembelajaran secara luring dan daring di SMP Negeri 5 Kisaran sudah baik, meskipun sebenarnya pembelajaran ini kurang efektif, dan mereka berharap agar pandemic Covid-19 segera berakhir dan pembelajaran konvensional seperti biasanya dapat segera terlaksana.