Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi professional guru PKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Medan yang berada di jalan pintu air IV,Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara. Pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 224 siswa/siswi terdiri atas 7 kelas serta yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari jumlah siswa kelas VIII (224) yaitu sebanyak 45 siswa. Pengelolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakanperhitungan rumus product moment. Angket tersebut ditujukan kepada siswa kelas VIII untuk mencari data tentang pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa. Dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang sejarah sekolah dan lain sebagainya. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 81,7% sedangakan kontribusi variable lain yang memengaruhi sebesar 18,3 Maka dari hasil penelitian ditemukan bahwa Fhitung lebih besardari Ftabel yaitu 192,515 > 4,07. Hal ini menunjukan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh kompetensis Profesional Guru PKn terhadap Hasil Belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 21 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021