Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara disiplin belajar dan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam 1 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 70 orang siswa kelas X Teknik Sepeda Motor. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, yaitu sebanyak 41 orang. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Produk Momen, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi Produk Momen korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 22.00. Dari hasil analisis pada n = 41 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,308, hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif diperoleh rhitung = 0,669, hubungan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif diperoleh rhitung = 0,643, hubungan antara disiplin belajar dan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di peroleh rhitung = 0,864. Dengan demikian maka variabel disiplin belajar siswa, kreativitas belajar dan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama sama antara disiplin belajar dan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X teknik sepeda motor SMK Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam 1 tahun ajaran 2019/2020