Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di SMK Swasta Taman Siswa Medan, T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP sebanyak 65 orang dengan 30 orang sebagai sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu Berdasarkan analisa data hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibanding kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran Snowball Throwing. Hal ini dapat dilihat pada hasil rata-rata posttes yang menyatakan bahwa rata-rata nilai posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMKS Taman Siswa Medan berjumlah 80,38 dan yang menggunakan model Snowball Throwing berjumlah 67,73. Untuk nilai t hitung post test diperoleh hasil thitung = 4,813 sedangkan ttabel 1,669 pada taraf signifikansi 0,05 dimana thitung > ttabel (4,429 > 1,669) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Snowball Throwing.terhadap hasil belajar Kearsipan siswa kelas X SMK Swasta Taman Siswa Medan.