Implementasi Toleransi Beragama Untuk Menjaga Kebhinnekaan Dalam Interaksi Sosial Siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 4 Medan) Tahun Pelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi toleransi beragama untuk menjaga kebhinnekaan dalam interaksi sosial siswa di SMA Negeri 4 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jl. Gelas No.12, Sei Putih Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, kemudian menyebar angket ke siswa,di SMA Negeri 4 Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Medan yang masih aktif dalam aktivitas sekolah yang berjumlah berjumlah 640 orang. Sampel diambil sebanyak 10% dari populasi. Dengan demikian sampelnya adalah 64 orang siswa yang dipilih dengan teknik secara acak (ramdom sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan data yang telah di analisis, maka diketahui bahwa rata-rata skor pada variabel X adalah 92,2% dan berada dalam kategori Sangat Baik. Sedangkan rata-rata skor pada variabel Y adalah 86,5% dan berada dalam kategori Sangat Baik juga. Dengan perolehan data tersebut maka dapat di simpulkan bahwa implementasi toleransi beragama untuk menjaga kebhinnekaan dalam interaksi sosial siswa di SMA Negeri 4 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong “Sangat Baik”