Daftar Isi:
  • Mahasiswa PPKn Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan sudah menempuh pembelajaran daring semenjak ditetapkan kebijakan oleh pemerintah. Namun persepsi terhadap pembelajaran daring tersebut belum diketahui, karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi Mahasiswa PPKn Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan terhadap pembelajaran daring sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Persepsi adalah berkenaan dengan perlakuan seseorang terhadap informasi tentang suatu objek yang masuk kepada dirinya (diterimanya) melalui pengamatan dengan menggunakan indera-indera yang dimilikinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan instrumen pengumpulan data yakni angket dan dokumentasi dengan bantuan google form. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPKn stambuk 2017 dan sampel pada penelitian ini 100 Mahasiswa PPKn stambuk 2017 dengan Tehnik penarikan sampel total sampling. Pengolahan data yang telah diperoleh penulis mengunakan rumus statistik sederhana. Pada penelitian ini terdapat hasil penelitian bahwa mahasiwa siap dengan pembelajaran daring sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Kemudian dalam pembelajaran daring terdapat kelemahan dan kelebihan pada prosesnya. Selanjutnya dalam pembelajaran daring memiliki kendala dan pembelajaran daring tidak efektif membantu belajar mahasiswa dikarenakan mahasiswa merasa efektif jika bertemu langsung atau tatap muka pada proses perkuliahan