Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 6 Medan yang beralamat di Jalan Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec. Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil pengujian dari hipotesis pertama diperoleh nilai thitung untuk kecerdasan emosional sebesar 4,545 dan nilai ttabel 1,99125 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai thitung untuk disiplin belajar sebesar 8,033 dan nilai ttabel 1,99125 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Dan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 339.139 dan Ftabel 3,11 sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 89,5% Dengan demikian dapat disimpulkan : (1) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (2) disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (3) secara simultan, kecerdasan emosional dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan.