Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Alphabet Box terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP N 16 Takengon tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 100 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel sebelum menggunakan media pembelajaran Alhphabet Box termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adaah 60,83, sedangkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel sesudah menggunakan media pembelajaran Alphabet Box termasuk kategori baik dengan niai rata-rata (mean) 81,66. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan thitung 14,56> ttabel 2,04, pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh media pembelajaran Alphabet Box terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ceritaa fabel oleh siswa kelas VII SMP 16 Takengon tahun pembelajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel sesudah menggunakan media pembelajaran Alphabet Box lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran Alphabet Box. media pembelajaran Alphabet Box berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita.