Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di Kelas V SDN 101777 Saentis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimental Design dengan jenis one group pretestposttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa, 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes essai dan observasi. Berdasarkan hasil observasi siswa terdapat 4 siswa atau 13,79% pada kriteria cukup, 20 siswa atau 68,96 % pada kriteria baik, dan 5 siswa atau 17,24 % pada kriteria sangat baik. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata pretest 44,31 dimana terdapat sebanyak 0 siswa (0%) menunjukkan kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir kritis tinggi, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir kritis sedang, 26 siswa (89,65%) kemampuan berpikir rendah, dan 3 siswa (10,35%) kemampuan berpikir sangat rendah. Nilai rata-rata post test 84,82 dimana terdapat sebanyak 21 siswa (72,42%) menunjukkan kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, 7 siswa (24,13%) kemampuan berpikir kritis tinggi, 1 siswa (3,45%) kemampuan berpikir kritis sedang, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir rendah, dan 0 siswa (0 %) kemampuan berpikir sangat rendah. Berdasarkan hasil uji normalitas hasil pretest Lo ˂ Ltabel dimana 0,158 ˂ 0,163 dengan keterangan normal, sedangkan pada hasil posttest Lo ˂ Ltabel dimana 0,136 ˂ 0,163 dengan keterangan normal. Maka uji normalitas dari hasil pretest dan posttest dengan keterangan normal. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapatkan thitung ˃ ttabel dimana besar thitung = 29,14 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,70. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di Kelas V SDN 101777 Saentis.