Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gerakan tari Saman pada senam ritmik, 2) Mengembangkan instrumen musik pengiring senam ritmik yang diadopsi dari gerakan tari Saman, 3) Membangun nilai-nilai karakter anak sekolah dasar melalui senam ritmik yang diadopsi dari tari Saman, 4) Mengetahui kelayakan produk video senam ritmik yang diadopsi dari gerakan tari Saman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian & pengembangan Borg & Gall dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD N 060853 Medan dengan sampel 32 orang. Penelitian ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli senam, ahli tari dan ahli media. Hasil validasi pada ahli senam diperoleh 90% bermakna dapat “digunakan”. Hasil validasi pada ahli tari diperoleh 95% bermakna dapat “digunakan”. Hasil validasi pada ahli media diperoleh 91% bermakna dapat “digunakan”. Hasil penilaian uji kelompok kecil diperoleh 81% dengan kriteria “sangat baik”, dan hasil penilaian uji kelompok besar diperoleh 91% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut disimpulkan bahwa gerakan dan musik senam Saman dapat digunakan pada anak sekolah dasar, senam Saman” dapat membangun nilai-nilai karakter yaitu kerja sama, percaya diri dan disiplin, dan video senam Saman layak digunakan pada pembelajaran senam ritmik di sekolah dasar.