ctrlnum 44186
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/44186/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 050594 SAMBIREJO T.A 2019/2020</title><creator>ARISANTI, DWI RIZKI</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Masalah utama dalam penelitian ini adalah perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang dan rendahnya hasil belajar disebabkan model mengajar yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung dan merasa bosan. Penelitian ini&#xD; bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini&#xD; adalah siswa kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang siswa dengan siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretest, dan posttest siklus I, siklus II dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada tema 7, subtema 2, pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pretest, posttest siklus 1, posttet siklus 2 dan lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan&#xD; oleh peneliti dan siswa.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 46,7 terdapat 7 orang siswa (25%) yang tuntas belajar dan 21 orang siswa (75%) yang belum tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 66, siswa yang memperoleh nilai tuntas dan siswa yang mengalami peningkatan sebanyak 15 (53,6%) dan siswa yang tidak tuntas dan belum mengalami peningkatan sebanyak 13 (46,4%). Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal karena masih dibawah 75%. Selanjutnya setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 80,3, terdapat 26 orang siswa (92,8%) yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan, dan 2 orang siswa (7,1%) yang tidak tuntas belajar dan belum mengalami peningkatan. Tingkat belajar pada siklus II mencapai 92,8 yang berarti bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas (75%). Lalu pada pengamatan observasi siswa siklus I sebesar 62,3 dan 69,5. Selanjutnya pada siklus II sebesar 73,9 dan 81,8. Serta pada obervasi guru siklus I skor hasil observasi sebanyak 51 dan 53 dengan persentase 85% dan 88,3%. Pada siklus II skor observasi guru sebanyak 56 dan 57 dengan persentase 93,3% dan 95%.&#xD; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020.</description><date>2020-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/1/1.%20NIM.%201163311024_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/2/2.%20NIM.%201163311024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/3/3.%20NIM.%201163311024_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/4/4.%20NIM.%201163311024_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/5/5.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/6/6.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/7/7.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20BAGAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/8/8.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/9/9.%20NIM.%2011663311024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/10/10.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/11/11.%20NIM.%201163311024_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/12/15.%20NIM.%201163311024_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/44186/13/16.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ARISANTI, DWI RIZKI (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 050594 SAMBIREJO T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan. </identifier><recordID>44186</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ARISANTI, DWI RIZKI
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 050594 SAMBIREJO T.A 2019/2020
publishDate 2020
isbn 201163311024
2011663311024
topic LC Special aspects of education
url http://digilib.unimed.ac.id/44186/1/1.%20NIM.%201163311024_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/2/2.%20NIM.%201163311024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/3/3.%20NIM.%201163311024_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/4/4.%20NIM.%201163311024_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/5/5.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/6/6.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/7/7.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20BAGAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/8/8.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/9/9.%20NIM.%2011663311024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/10/10.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/11/11.%20NIM.%201163311024_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/12/15.%20NIM.%201163311024_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/13/16.%20NIM.%201163311024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/44186/
contents Masalah utama dalam penelitian ini adalah perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang dan rendahnya hasil belajar disebabkan model mengajar yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung dan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang siswa dengan siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretest, dan posttest siklus I, siklus II dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada tema 7, subtema 2, pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pretest, posttest siklus 1, posttet siklus 2 dan lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan oleh peneliti dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 46,7 terdapat 7 orang siswa (25%) yang tuntas belajar dan 21 orang siswa (75%) yang belum tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 66, siswa yang memperoleh nilai tuntas dan siswa yang mengalami peningkatan sebanyak 15 (53,6%) dan siswa yang tidak tuntas dan belum mengalami peningkatan sebanyak 13 (46,4%). Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal karena masih dibawah 75%. Selanjutnya setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 80,3, terdapat 26 orang siswa (92,8%) yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan, dan 2 orang siswa (7,1%) yang tidak tuntas belajar dan belum mengalami peningkatan. Tingkat belajar pada siklus II mencapai 92,8 yang berarti bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas (75%). Lalu pada pengamatan observasi siswa siklus I sebesar 62,3 dan 69,5. Selanjutnya pada siklus II sebesar 73,9 dan 81,8. Serta pada obervasi guru siklus I skor hasil observasi sebanyak 51 dan 53 dengan persentase 85% dan 88,3%. Pada siklus II skor observasi guru sebanyak 56 dan 57 dengan persentase 93,3% dan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020.
id IOS3150.44186
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:34Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:34Z
recordtype dc
_version_ 1766033609915891712
score 17.538404