Pengaruh Model PBL Berbasis SAVI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi di SMAN 1 Aek Kuo
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis SAVI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem koordinasi di SMAN 1 Aek Kuo. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan randomized pretes-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model PBL berbasis SAVI, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 3 menggunakan model pembelajaran konvensional. Total sampel adalah 69 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Kemampuan berpikir tinhkat tinggi dan keterampilan proses sains dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dan uji lanjut Tukey’s dengan taraf signifikan = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan model PBL berbasis SAVI, PBL dan konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 12,61; P= 0,000 ) dan terhadap keterampilan proses sains (F=11,70; P= 0,000 ). Nilai rata-rata postes kemampuan berpikir tingkat tinggi lebih tinggi dengan model PBL berbasis SAVI lebih baik/tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensional. Nilai rata-rata postes keterampilan proses sains PBL berbasis SAVI tidak berbeda signifikan dengan model pembelajaran PBL namun lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran dan konvensional.