Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan di kelas masih monoton dan kurang menarik sehingga hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 200301 Padangsidimpuan masih tergolong rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar. Penelitian ini berjenis quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 200301 Padangsidimpuan dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan kelas V-A=25 siswa dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum dan V-B = 25 siswa dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan angket kecerdasan interpersonal. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum sebesar 83,8 sedangkan nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 66,8. (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi sebesar 79,44 sedangkan nilai rata-rata siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah sebesar 70,43. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji ANAVA diperoleh sig.(=0.750) > sig.α (=0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar model pembelajaran quantum dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan hasil belajar siswa.