Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Teks Cerpen Bermuatan Ekologi untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, mengetahui kelayakan media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan efektivitas produk hasil pengembangan berupa media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi materi meliputi kelayakan isi memperoleh rata-rata 84,09% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian memperoleh rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat baik, dan kelayakan bahasa memperoleh rata-rata 86,25% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi ahli desain memperoleh rata-rata 90,17% dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil uji coba perorangan memperoleh rata-rata 81,25% dengan kriteria baik, uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 86,34% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata 90,1% dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil efektivitas media pembelajaran diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretes dan postes. Skor rata-rata pada pretes 70,36 dan pada postes 82,06. Selisih dari pretes dan postes adalah 11,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada pembelajaran teks cerpen bermuatan ekologi. Implikasi media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi siswa dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan serta melatih siswa belajar secara mandiri.