Daftar Isi:
  • Permasalahan di dalan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dilihat dari capaian rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) dari tahun 2015 hingga tahun 2019. Tahun 2015 capaian rata-rata nilai UN 55,23%, tahun 2016 capaian rata-rata nilai UN 53,44%, tahun 2017 capaian rata-rata nilai UN 51,08%, tahun 2018 capaian rata-rata nilai UN 47,95%, dan tahun 2019 capaian rata-rata nilai UN 52,89%. Capaian rata-rata nilai ujian nasional mata pelajaran Ekonomi dari tahun 2015 hingga tahun 2019 memberikan gambaran bahwa hasil belajar siswa di Indonesia rendah. Terlihat dari perolehan nilai rata-rata ujian nasional mata pelajaran ekonomi setiap tahunnya tidak mencapai angka 60. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Google Meet terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas X menggunakan desain penelitian treatment by level 2x2 dengan menggunakan anava dua jalur dengan teknik analisis Deskriptif Kuantitatif dimana populasinya sebanyak 168 siswa serta sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 dengan jumlah siswa 30 dan kelas X2 dengan jumlah siswa 30, serta menggunakan metode ekperimen. Dalam situasi saat ini ketika peserta didik belajar di rumah mengikuti pembelajaran daring yang diberikan oleh bapak ibu guru sementara orang tua tidak selalu hadir untuk mendampingi dan memantau proses kegiatan belajar siswa, maka kemandirian belajar sangat diperlukan agar siswa dapat mengikuti kegiatan belajar dan bertanggung jawab dalam menuntaskan tugas belajar setiap mata pelajaran.