Perbedaan Hasil Belajar Menggambar Teknik Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggambar teknik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Explicit Intruction pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Medan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kelas X TP I diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran Explicit Intruction, tiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal 4 opsi jawaban. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh Lhitung= 0,1253 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,1253) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Explicit Intruction Lhitung = 0,1308 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1308) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas data antara pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Explicit Intruction dilakukan uji pada taraf nyata (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,0895 dan Ftabel = 1,8608, maka Fhitung(1,0895) < Ftabel (1,8608) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 dengan kriteria uji tolak H0 jika |"t" _"hitung" |" > " "t" _"tabel" . Dari hasil penelitian diperoleh, thitung = 3,040 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Explicit Intruction. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen I = 80,17 dan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen II = 74,33