Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Animate Cc Untuk Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif (Pdto) Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan untuk materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO); (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan untuk materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO); (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan pada materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yang di padukan dengan model pembelajaran ADDIE yaitu 1) Analysis (Analisa); 2) Design (Desain); 3) Deveploment (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi/Eksekusi); 5) Evaluation (Evaluasi/Umpan Balik) . Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR sebanyak 70 orang dan guru PDTO SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Data yang diperoleh berupa data deskriptif dan kuantitatif. Hasil validasi dinyatakan valid yaitu penilaian ahli materi 84% dengan kategori sangat baik dan ahli media 83% dengan kategori baik. Tingkat kelayakan yang dinilai oleh siswa rata-rata adalah 84% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa kelas ekesperimen berbeda dengan hasil belaajr kelas kontrol. Dibuktikan dengan uji Independent sample t test data posttest menujukkan nilai sig. (2-tailed) 0,080 > 0,05 Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik (nilai rata-rata 83,77) daripada hasil belajar siswa kelas kontrol (nilai rata-rata 75,42). Dari hasil pengaplikasisan uji t terhadap kelas ekeperimen dan kelas kontrol ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara kedua kelas, dibuktikan dengan nilai sig ( 0,765 > 0,05). Penelitian ini mengimplikasikan bahwa pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran siswa terutama dalam hasil belajar siswa pada materi special service tools