Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Siswa Kelas X TITL SMK T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik (PDE). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X dari dua sekolah yang berbeda yaitu X TITL SMKN 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari dua kelas dan X TITL SMKN 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari dua kelas juga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas dari setiap sekolah yaitu X TITL 2 SMKN 1 Lubuk Pakam sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dan X TITL 1 SMKN 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom) dengan masing-masing siswa berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji –t. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,93 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 73,55. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1469 dan Ltabel 0,1591 karena Lhitung > Ltabel maka data pada kelas eksperimen normal, dan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,1547dan Ltabel 0,1591 karena Lhitung > Ltabel maka data pada kelas kontrol normal. Uji Homogenitas Fh 1,19 dan Ft 1,84 karena Fh < Ft maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (8,14 > 1,67, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa