Daftar Isi:
  • Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan materi menggambar bentuk-bentuk bidang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes keterampilan dengan menggunakan joobsheet. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji validasi joobshet. Tes hasil belajar yang digunakan yaitu tes keterampilan berbentuk keterampilan menggambar bentuk-bentuk bidang. Cara menilai gambar yaitu dengan menggunakan kriteria penilaian. Analisa data menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,8 dengan persentase kelulusan 61,53 % (ketuntasan klasikal) meningkat menjadi 81,5 pada siklus II dengan persentase kelulusan 88,48% (ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran drill dapat meningkatkan hasil belajar gambar teknik siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan