PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains materi Keanekaragaman Hayati siswa kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan LKPD berbasis 6 (enam) keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai antara Pre- dan post test yang dilakukan menunjukkan perbedaan nilai yang signifikan (36,67 dan 79,27). Respon siswa dan guru terhadap LKPD juga menunjukkan hasil yang positif (86% dan 80,56%). Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek materi dan desain masing-masing dikategorikan sangat valid (89,00% dan 96%). Respon terhadap kepraktisan modul juga sangat baik yaitu 86,00%. Uji keefektifan modul menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah memakai modul dengan nilai N-Gain (83,33%). Dengan melihat hasil diatas dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains materi Keanekaragaman Hayati dikelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021 sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.