HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES PADA MATA KULIAH EKOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan angkatan 2018 yang mengambil mata kuliah ekologi pada tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah 152 mahasiswa dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara literasi digital dengan kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi dengan r= 0,791 Literasi digital memberikan kontribusi sebesar (62,6%) terhadap kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah seseorang yang mempunyai literasi yang baik akan mendapatkan kemampuan kognitif yang baik pula. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi akan semakin berkembang sehingga literasi digital di lingkungan pendidikan sangat membantu mahasiswa dalam mencakup informasi yang lebih luas dan mendalam hal ini membantu mahasiswa menyelesaikan tugas serta menemukan informasi yang akurat.