ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang paling dominan dialami, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi pada siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 4 di SMA Negeri 1 Pangaribuan, Tahun Pembelajaran 2020/2021 selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 71 siswa. Sementara instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat persentase. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesulitan yang paling dominan dialami siswa selama pembelajaran daring adalah slow leaner dengan persentase sebesar 74,18%. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar biologi siswa selama pembelajaran daring ada dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari sumber belajar (78,40%), sarana dan prasarana (74,65%), waktu belajar (71,65%), lingkungan keluarga (67,78%), lingkungan masyarakat (59,51%), metode mengajar (72,36%), media pembelajaran (79,11%), relasi siswa dengan guru (77,11%) dan relasi siswa dengan siswa (80,81%). Sementara faktor internalnya adalah intelegensi (76,23%), perhatian (73,77%), minat (69,19%), bakat (95,42 %), motivasi (84,51%) dan psikiatrik (74,65%).