PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 BANDAR T.P 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi di masa pandemi Kelas XI MIPA SMA N 2 Bandar; (2) hubungan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran biologi di masa pandemi dengan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 orang siswa yang terdiri dari kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Bandar yang diperoleh dengan cara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari hasil pengolahan data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: “Secara umum persepsi siswa yang berbeda-beda terhadap mata pelajaran Biologi dan frekuensi variabel persepsi siswa pada mata pelajaran Biologi terbanyak pada kategori tinggi yaitu 55,88% dengan frekuensi sebanyak 38 siswa dari seluruh responden. Sedangkan untuk hasil belajar siswa selama pembelajaran online memiliki frekuensi yang berbeda-beda juga dan dapat dilihat dari frekuensi variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi terbanyak pada kategori tinggi yaitu 45,59% atau sebanyak 31 siswa dari seluruh responden. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh rhitung adalah= 0,61 maka rhitung diantara 0,600 samapai dengan 8,000 sehingga diperoleh koefisien korelasi yang cukup sehingga hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran Biologi dimasa pandemi dengan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021.