ANALISIS KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI PROTOZOA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains mahasiswa dan pelaksanaan keterampilan proses sains pada pembelajaran protozoa serta mengetahui sikap ilmiah mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kombinasi dengan menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi D dan E. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kemampuan keterampilan proses sains dan gambaran pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains pada masing-masing aspek ialah interpretasi (84,92%) dengan kategori sangat baik, klasifikasi (80,65%) dengan kategori baik, merencanakan percobaan (73,82%) dengan kategori baik, mengamati (73,15%) dengan kategori baik, mengajukan pertanyaan (69,85%) dengan kategori baik, menggunakan alat/bahan (61,61%) dengan kategori baik, mengkomunikasikan (60,20%) dengan kategori cukup, prediksi (51,38%) dengan kategori cukup. Hasil penelitian sikap ilmiah mahasiswa pada masing-masing aspek ialah kerja sama (85,7%) dengan kategori sangat baik, ketekunan (78%) dengan kategori baik, berpikir kritis (77,8%) dengan kategori baik, ingin tahu (70,8%) dengan kategori baik, respek terhadap fakta (61,3%) dengan kategori baik.