Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan. Penelitian menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D yang dimodifikasi meliputi beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define) yang meliputi dari tahap analisis ujung depan, karakteristik siswa, analisis konsep, merumuskan tujuan. Tahap kedua perancangan (design) yang meliputi pengumpulan materi, pemilihan format, desain awal LKPD dan draf I. Tahap ketiga adalah pengembangan (develop) yang meliputi validasi ahli, revisi, penilaian gru bidang studi, revisi penilaian guru bidang studi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji kelompok terbatas, dan draf II, dan penyebaran (disseminate) bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan produk yang telah dikembangkan. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI MIA 1 dan satu orang guru biologi SMA Swasta Imelda Medan. Produk yang dihasilkan berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi sistem ekskresi berbasis keterampilan proses sains. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 100% kriteria sangat layak, penilaian oleh ahli pembelajaran menunjukkan rata-rata 91,67% kriteria sangat layak, dan penilaian oleh ahli desain 83,4% kriteria sangat layak. Hasil penilaian oleh guru bidang studi menunjukkan rata-rata 96,05% kriteria sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik menunjukkan rata-rata 93,54% termasuk kriteria positif. Uji keefektifan produk yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan nilai N-gain 0,60 dengan kriteria “Sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pada materi sistem ekskresi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.